Diawas Ujian Oleh Murid Sendiri

Diawas Ujian Oleh Murid Sendiri

Hari rabu tanggal 10 April lalu gua baru saja ujian mata kuliah seminar manajemen keuangan, hanya saja ada 1 hal yang sedikit janggal menurut gua dimana pengawas ujiannya adalah murid gua sendiri. Mungkin pada bertanya, Lah kok bisa? Nah jadi begini penjelasannya.

Kejadian ini terjadi saat gua lagi kuliah di semester yang ke-6 di universitas tarumanagara. Jadi, di universitas tarumanagara ada yang namanya istilah pengajar laboratorium, dimana mereka bertugas untuk mengajarkan kepada mahasiswa pelajaran-pelajaran yang berkaitan dengan hitungan untuk mata kuliah tertentu. Dimana jabatan pengajar laboratorium ini boleh diambil oleh semua mahasiswa sendiri dengan kriteria tertentu dan harus lolos ujian seleksi dan wawancara tentunya.

Dan kebetulan, gua adalah salah satu dari pengajar laboratorium manajemen dimana pelajaran yang gua ajar adalah mata kuliah penganggaran perusahaan. Inilah alasan kenapa gua bilang kalau gua punya murid sendiri.

Selain mengajar, pengajar laboratorium manajemen juga bertugas untuk mengawas kelas yang diajarnya pada saat ujian tengah maupun ujian akhir berlangsung. Sebenarnya agak aneh menurut gua sebagai mahasiswa dimana gua juga bertugas untuk mengawas ujian mahasiswa lain apalagi kalau satu angkatan, dan bahkan ada juga terkadang yang lebih tua dari gua sendiri.

Tapi karena digaji, jadi apa boleh buat mau aneh atau tidak aneh pun lanjut aja. Toh kerjaan gua cuman bagiin berkas trus tinggal duduk aja selama dua jam, digaji lagi.

Nah, lanjut ke topik, kan gua kira kalau pengajar laboratorium cuman boleh mengawas kelas yang diajarnya sendiri, cuman karena banyak dosen yang tidak mau mengawas ujian, jadi banyak pengajar laboratorium yang ditugaskan untuk mengawas ujian.

Dan kebetulan murid gua yang juga pengajar laboratorium manajemen ini ternyata yang mendapat jadwal mengawas di ujian seminar manajemen keuangan yang lagi gua ambil ini. Jadi ya begitu, gua diawas oleh murid sendiri.

Komentar