Jutaan Orang Bahkan Tidak Menyadari Bahwa Mereka Bisa Menghasilkan $1.000 Sehari

Jutaan Orang Bahkan Tidak Menyadari Bahwa Mereka Bisa Menghasilkan $1.000 Sehari


"Jutaan orang bahkan tidak menyadari bahwa mereka bisa menghasilkan $1.000 sehari tanpa meninggalkan rumah, dan anda adalah salah satu dari mereka."

Kalimat diatas dikutip dari salah satu iklan platform trading binomo tentunya kalian juga sudah familier dengan iklan tersebut karena sering kali muncul di Youtube anda.

Kalimat diatas adalah statement dari Budi Setiawan yang mengaku adalah seorang trader profesional dan memperoleh semua aset yang diperlihatkan dalam video tersebut hanya dalam waktu kurang dari 1 tahun.

Budi juga mengatakan bahwa dia tidak tahu sama sekali tentang dunia keuangan ataupun tentang bursa, saham, atau apapun itu. Dia juga menyebut salah satu film berjudul “The Wolf of Wall Street” dan mengatakan bahwa orang-orang dapat menghasilkan uang dari ketiadaan.

Dia mengaku bahwa dia memperoleh semua aset tersebut dengan melakukan trading pada platform bernama binomo. Dimana hanya dengan mencurahkan 2-3 jam waktunya untuk trading, dia telah dapat menghasilkan lebih dari $1.000.

Jadi, apa itu Binomo?

Binomo adalah salah broker trading binary options, binary trading adalah salah satu jenis investasi dimana investor harus memprediksi hasil dari suatu situasi dalam suatu periode tertentu.

Dalam video tersebut juga sudah dijelaskan tentang bagaimana sistem trading yang berlangsung di binomo. Pada dasarnya, anda hanya perlu menentukan jumlah trading dan kemudian memprediksi apakah grafik akan naik atau turun.

Jika prediksi anda benar, anda akan memperoleh dana anda kembali dan bonus 80-85% dari jumlah dana anda. Hanya saja, jika prediksi anda salah, anda akan kehilangan semua dana anda.
Jadi memang trading di binomo ini terlihat sangat seperti judi.

Solusinya

Jadi, solusi bagi anda jika tidak berani mengambil risiko yang begitu besar adalah dengan melakukan investasi contohnya investasi pada saham.

Investasi adalah keputusan alokasi terhadap sejumlah dana untuk mengakuisisi suatu aset dengan harapan akan memperoleh keuntungan di masa depan.

Bedanya investasi dengan trading adalah pada rentang waktunya. Dimana, jangka waktu trading adalah untuk jangka waktu panjang yang biasa lebih dari 5 tahun. Berbeda dengan trading, yang biasanya berupa jangka waktu pendek, makanya Budi Setiawan dari binomo katanya bisa memperoleh semua kekayaannya dalam 1 tahun.

Tetapi seperti yang sudah saya katakana tadi, bahwa dalam trading sangat berisiko, berbeda dengan investasi yang risikonya lebih rendah apalagi kalau kalian berinvestasi pada perusahaan-perusahaan blue chips.

Hanya saja, biasanya dalam melakukan keputusan investasi, investor sering kali dihadapkan pada behavioural bias yang membuat suatu keputusan investasi menjadi kurang tepat.

Hal ini sebabkan oleh banyaknya pilihan saham yang dihadapkan oleh kepada para investor. Hal ini membuat investor menggunakan heuristics untuk mengambil suatu keputusan.

Heuristics adalah aturan praktis yang memungkinkan kita untuk menyederhanakan suatu keputusan.

Menurut Tversky dan Kahneman mengatakan bahwa terdapat 3 heuristics yang sering kali digunakan investor dalam pengambilan suatu keputusan meliputi representativeness, availability, dan anchoring.

Representativeness adalah kecenderungan orang untuk memprediksi suatu peristiwa hanya karena kesamaan beberapa karakteristik dengan peristiwa itu.

Contohnya, ada seorang yang bernama Budi Setiawan, dimana dalam suatu video dia memperlihatkan berbagai aset yang dikatakan miliknya. Mungkin cukup banyak orang yang akan percaya dan menganggap bahwa dia adalah orang sukses. Dimana, berarti orang ini mengidap representativeness bias, karena hanya menyimpulkan sesuatu dari video itu saja tanpa mencoba mencari atau mempertimbangkan informasi lain.

Contoh lainnya misalnya, Hendry adalah orang yang pemalu, introvert, lemah lembut, dan berkacamata tebal. Kemudian anda disuruh menebak apakah Hendry adalah seorang petani atau pustakawan. Kebanyakan orang akan menebak bahwa Hendry adalah seorang pustakawan, hanya saja mereka mengabaikan fakta bahwa jumlah petani lebih banyak dari pustakawan.

Availability bias adalah kecenderungan orang untuk mengambil suatu keputusan karena kemudahan suatu informasi untuk diingat atau diperoleh.

Contohnya, jika kalian ditanya antara ikan hiu dan kuda, binatang mana yang menyebabkan lebih banyak kematian? Kebanyakan orang tentunya akan mengatakan bahwa hiu lebih banyak menyebabkan kasus kematian, padahal faktanya lebih banyak kasus kematian yang disebabkan oleh kuda.

Anchoring bias adalah bias yang disebabkan karena orang cenderung terlalu mengandalkan informasi pertama yang diperoleh sebelumnya dan kemudian membuat keputusan berdasarkan informasi itu.

Contohnya, ketika anda melihat suatu benda seharga Rp 100.000 dan kemudian anda melihat benda yang serupa dengan harga Rp 50.000. Anda tentunya akan menganggap harga benda kedua yang anda murah. Tetapi, mungkin saja harga normal benda kedua itu di bawah Rp 50.000.

Ketiga heuristics inilah yang dapat membuat suatu keputusan investasi menjadi kurang rasional. Maka dari itu sangat penting untuk mengetahui ketiga heuristics ini dan introspeksi diri apakah anda mengidap heuristics ini.

Maka dari itu, perlu dilakukan penelitian di Indonesia untuk menguji apakah heuristics ini dialami oleh para investor di Indonesia.

Halo nama saya Hendry Anggriawan, saya seorang mahasiswa semester akhir jurusan manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara.

Saat ini saya sedang melakukan penelitian tentang Pengaruh Representativeness Bias, Availability Bias, dan Anchoring Bias terhadap Rational Investment Decision pada Individual Investor di Jakarta

Pada kesempatan ini, saya memohon kerja sama dari saudara untuk berpartisipasi dalam penelitian ini sebagai responden dari kuesioner ini. Saya berharap kesediaan Bapak/Ibu/Saudara/i untuk mengisi setiap pernyataan dalam kuesioner dengan jujur.

Informasi dari Bapak/Ibu/Saudara/i akan terjamin kerahasiaannya dan hasil penelitian ini hanya akan dimanfaatkan untuk tujuan akademis saja.

Link Kuesioner: https://forms.gle/uAzoBudmyYaDN15A6

Komentar