Review Sony WH-1000XM3

Review Sony WH-1000XM3

Gua baru saja beli headphone Sony WH-1000XM3 yang sudah gua idamkan sejak lama. Pada awal sebelum gua beli headphone ini, gua sempat bingung dalam menentukan headphone apa yang harus gua beli.

Setelah beberapa hari pemakaian headphone ini, gua merasa cukup puas dan sangat tertarik dengan berbagai fitur dan spesifikasi dari headphone ini.

Jadi, gua sengaja membuat postingan ini agar lebih mengenal produk WH-1000XM3 yang gua beli ini dan lebih mengerti tentang dunia per-headphone-an.

Sony WH-1000XM3

Sony WH-1000XM3 adalah salah satu produk Over-The-Ear Headphone flagship bluetooth wireless dan noise cancelling dari sony yang sangat populer diantara para pesaingnya misalnya seperti Bose QuietComfort 35 II maupun microsoft Surface headphones.

Meskipun demikian, nama dari produk headphone ini memang banyak mendapat kritikan karena dianggap sulit untuk diingat. Tetapi, jika diperhatikan, sebenarnya setiap huruf memiliki artinya masing-masing. Dimana, WH mempunyai arti Wireless Headphone, sedangkan 1000XM3 menunjukkan model 1000X Mark 3. Arti kata mark ini dapat kita anggap sebagai generasi, jadi WH-1000XM3 adalah headphone Sony model 1000X generasi yang ketiga. Tentunya terdapat juga headphone generasi pendahulunya dari model ini yaitu WH-1000X dan WH-1000XM2.

Desain & Kualitas

Headphone ini terbuat dari bahan utama plastik tetapi sangat berisi jadi membuat build quality dari headphone ini sangat bagus. Untuk desainnya sendiri, menurut gua desain headphone ini sangat keren dan sangat fleksibel untuk menyesuaikan dengan ukuran kepala anda. Headphone ini memiliki 2 pilihan warna yaitu abu-abu dan hitam yang menurut gua dua-duanya sangat bagus.

Warna Sony WH-1000XM3

Berat headphone ini berkisar pada 255 gram yang mana ini masih normal untuk berat headphone. Dimana, headphone ini juga tergolong lebih ringan dibandingkan dengan generasi-generasi sebelumnya.

Ukuran headphone ini memang kelihatan agak besar, tapi menurut gua sangat wajar untuk headphone berjenis over-the-ear headphone yang menutup seluruh daun telinga anda. Selain itu, headphone ini juga dapat dilipat hingga menjadi 2/3 dari ukuran aslinya dan juga dapat dimasukkan ke carrying case yang kita dapat saat pembelian membuat headphone mudah dibawa kemana-mana dan cocok untuk travelling terutama untuk di pesawat karena fitur noise-cancelling nya.

Earpads dari headphone terbuat dari bahan kulit sangat nyaman dan empuk sehingga membuat headphone ini cukup nyaman dipakai untuk jangka waktu yang cukup lama. Earpads headphone ini juga sangat pas di telinga yang membuat noise isolation headphone ini bekerja sangat baik saat digunakan. Walaupun yang cukup disayangkan menurut gua, dimana earpads dari headphone ini tidak dapat dilepas secara manual. Jadi, misalkan kalau earpads dari headphone ini rusak di kemudian hari, kita harus mencari sony center terdekat untuk dibantu penggantian earpadsnya.

Port

Headphone ini juga sudah menggunakan port USB Type-C yang sama digunakan oleh rata-rata handphone baru saat ini. Jadi, kita tidak perlu untuk membawa kabel terpisah untuk headphone ini sendiri, cukup gunakan kabel dari charger handphone anda saja.

Tetapi anda juga tetap mendapat kabel charger USB Type-C dengan panjang 20cm yang dapat langsung dimasukkan pada carrying case yang juga didapat pada saat pembelian.

Selain itu, tersedia juga port aux yang mana bisa digunakan untuk perangkat anda yang tidak memiliki bluetooth. Dimana, anda juga dapat menggunakan kabel aux untuk tetap menggunakan headphone ini meskipun baterainya sudah habis.

Panjang kabel aux yang diberikan dari headphone ini adalah 1,2 meter dimana anda juga akan memperoleh airplane headphone adapter yang dapat digunakan untuk menghubungkan headphone anda dengan layar yang ada di pesawat.

Kualitas Suara

Untuk kualitas suara dari produk headphone sony WH-1000XM3 ini tentunya sudah tidak perlu diragukan lagi. Dimana headphone memiliki suara yang sangat jernih dan bass nya juga sangat terasa. Selain itu, headphone ini juga sudah support Hi-Res audio yang membuat headphone ini dapat memutar format loseless audio seperti FLAC, ALAC, dan yang lainnya.

Dimana headphone ini juga dilengkapi dengan teknologi LDAC yang dapat mentransmisikan audio lebih banyak data (max transfer rate 990 kbps) dibanding teknologi konvensional (max transfer rate 328 kbps) melaui koneksi bluetooth. Jadi, dengan teknologi ini, memungkinkan anda untuk mendengar Hi-Res Audio melaui jaringan nirkabel tanpa takut kehilangan sedikit pun kualitas audio akibat adanya kompresi.

Walaupun memang sekarang ini, aplikasi streaming musik yang populer di Indonesia saat ini seperti spotify yang masih belum support audio loseless seperti format flac, WAV, dll. Tetapi, jika anda mencari penyedia streaing musik yang menyediakan format audio ini anda juga dapat menggunakan tidal, deezer, dll.

Perbedaan dua kualitas audio ini sebenarnya tidak akan begitu terasa oleh pendengar musik biasa, namun sebagai penggemar musik lebih lanjut mungkin mereka dapat merasakan perbedaannya.

Selain itu, headphone ini juga sudah dilengkapi dengan prosesor khusus untuk noise cancelling terbaru dari sony yaitu HD Noise Cancelling QN1. Sehingga membuat kemampuan untuk meredam suara yang lebih baik. Jadi, dengan fitur noise cancelling ini dapat meredam lebih banyak kebisingan suara luar.

Teknologi inilah yang menjadi salah satu penyebab mengapa headphone ini dianggap sebagai headphone noise cancelling terbaik hingga saat ini dibanding para pesaingnya seperti Bose QuietComfort 35 II maupun microsoft Surface headphones.

Dimana, letak noise cancelling pada headphone ini terletak pada bagian kiri dan kanan headphone, dimana bentuknya seperti port USB-Type C.


Selain fitur noise cancelling, Sony WH-1000XM3 ini juga dilengkapi dengan fitur ambient sound, sehingga anda dapat mendengar musik sambil mendengar suara-suara di lingkungan seperti suara air, angin, kendaraan, dll.

Dimana fitur ini sangat membantu anda misalnya ketika saat sedang menunggu kereta agar masih dapat mendengar pengumuman penting, atau digunakan saat berjalan agar suara kendaraan di sekitar masih terdengar.

Letak noise cancelling pada headphone ini terletak pada bagian kiri dan kanan headphone, dimana bentuknya seperti port USB-Type C.

Baterai

Untuk umur baterai dari headphone ini juga sangat panjang. Dimana anda dapat menggunakannya terus menerus selama 30 jam dari keadaan fully-charged ketika mengaktifkan fitur noise cancelling. Anda juga dapat memperpanjang umur baterai dari headphone ini menjadi lebih panjang jika kalian mematikan fitur noise-cancelling, dimana anda akan mendapat tambahan 8 jam penggunaan, sehingga totalnya adalah 38 jam penggunaan.

Dengan umur baterai yang selama itu, anda juga tidak perlu khawatir tentang berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya headphone ini. Karena, headphone ini sudah mendukung fitur quick charge dimana anda dapat mengisi daya headphone ini sampai penuh dari keadaan baterai yang habis total hanya dalam waktu 3 jam saja. Atau anda dapat memperoleh 5 jam penggunaan hanya dengan 10 menit pengisian daya.

Navigasi/Kontrol

Wh-1000xm3 Navigasi/Kontrol

Untuk navigasi atau kontrol dari headphone ini hanya menyediakan 2 tombol yaitu tombol ambient/nc yang berfungsi untuk mengganti mode dari ambient/noise cancelling/normal. Anda juga dapat menahan tombol sekitar 2 detik untuk mengaktifkan fitur optimizer. Tombol ini juga dapat diganti menjadi tombol untuk mengaktifkan google assistant/alexa melaui aplikasi headphones dari sony untuk perangkat android atau ios anda.

Satu tombol lagi adalah tombol power yang berfungsi untuk mengecek sisa baterai dengan menekannya sekali. Tahan selama 2 detik untuk mematikan atau menyalakan headphone, dan tahan sekitar 5 detik untuk mengaktifkan pairing mode.

Selebihnya untuk play/pause, membesarkan/mengecilkan volume, atau mengganti musik dapat dilakukan dengan menggunakan touchpad yang terletak pada bagian headphone sebelah kanan.

Misalnya untuk play atau pause dapat dilakukan dengan double tap, slide atas/bawah untuk membesarkan atau mengecilkan volume, slide ke kiri dan ke kanan untuk mengganti atau kembali ke track lagu sebelumnya.

Untuk detail tentang navigasi melalui tochpad dapat dilihat di: https://helpguide.sony.net/mdr/wh1000xm3/v1/en/contents/TP0001703116.html

Memang terlihat keren dengan navigasi dengan menggunakan touchpad, hanya saja terdapat berbagai keluhan dengan penggunaan touchpad ini. Misalnya pada cuaca dingin atau berangin, akan terjadi masalah terkait touchpad ini salah satunya adalah volume dapat naik atau turun dengan sendirinya. Tetapi sepertinya hal ini bukan hal yang berarti untuk penggunaan di Indonesia.

Konektivitas

Seperti yang sudah dibahas diatas, dimana headphone ini dapat terhubung dengan menggunakan kabel atau dengan koneksi nirkabel yaitu melalui koneksi bluetooth. Walaupun masih disayangkan versi bluetooh dari headphone ini masih V 4.2. Tetapi, untuk koneksi bluetoothnya sudah sangat oke dengan sangat sedikit atau bisa dibilang tidak ada delay sama sekali. Dimana anda juga bisa menggunakan headphone ini sampai jarak 10 meter dari perangkat anda.

Headphone ini juga sudah dilengkapi dengan fitur NFC. Dimana, dengan adanya NFC memudahkan anda dalam menghubungkan headphone anda ke device anda yang tentunya juga harus memiliki NFC juga dengan hanya 1 sentuhan. NFC pada headphone ini terletak pada bagian kiri headphone.

Kekurangan lainnya dari headphone ini, diamana hanya bisa 1 perangkat saja yang terhubung dengan headphone ini dalam waktu yang sama. Dimana, ini akan sedikit terasa mengganggu ketika ingin gonta-ganti koneksi ke headphone ini misalnya seperti dari laptop ke headphone kemudian balik ke laptop lagi.

Headphone ini juga tidak memiliki fitur automatic pause ketika kita melepas headphone ini. Jadi anda harus double-tap touch pad terlebih dahulu untuk meng-pause headphone ini ketika hendak melepasnya.

Dan seperti yang sudah dibahas diatas, dimana anda juga dapat mengoneksikan headphone anda dengan menggunakan kabel aux yang sudah diberikan pada saat pembelian dengan panjang sekitar 1,2 meter.

Paket Pembelian

Jadi, apa yang akan kalian dapatkan dari pembelian headphone ini adalah:
  1. Headphone
  2. Carrying-case
  3. Kabel Aux (1,2 meter)
  4. Kabel USB-Type C (20 cm)
  5. Airplane Headphone Adapter
Paket Pembelian WH-1000XM3

Komentar